Monday, February 4, 2013

Museum Louvre

Dunia Perpustakaan | Melihat sebuah tempat bersejarah sekaligus tempat untuk belajar tentang sejarah dan masa lalu yang begitu Indah tentunya sangat mengagumkan. Seperti halnya saat kita melihat pesona dan keindahan dari Museum Louvre yang berlokasi di Kota Paris. Bentuk bangunanya begitu megah dan sangat mengagumkan bagi siapapun yang melihat.
Museum seni ini merupakan museum paling terkenal di Perancis dan salah satu museum seni terbesar di dunia. Museum ini terletak di pusat kota Paris, di tepi sungai Seine. Museum ini bertempat di Istana Louvre yang semula adalah sebuah benteng di abad ke-12 dan menjadi museum publik pada akhir abad ke-18.
Museum Louvre memiliki luas sekitar 60,600 meter persegi. Museum ini memiliki galeri raksasa dengan beragam koleksi. Ada lebih dari 380.000 obyek dan 35.000 item yang unik, mulai dari zaman kuno hingga pertengahan abad 19, seperti barang antik Mesir, keramik kuno dan oriental, barang antik Yunani dan Romawi, lukisan, temuan arkeologi dan banyak lagi.
Sebagian besar koleksi terdiri dari lukisan dan patung Eropa. Beberapa karya seni yang paling terkenal di museum adalah patung Yunani kuno Venus de Milo dan tentu saja lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci.

Sejarah Museum Louvre
Awalnya museum ini dibangun sebagai benteng di abad ke-12, yang kemudian diubah menjadi sebuah istana kerajaan di abad ke-14. Pada abad ke-15, benteng asli dihancurkan dan sayap sepanjang sungai Seine dibangun. Istana ini diperpanjang dan diperluas ke kompleks istana dengan dua halaman oleh arsitek Pierre Lescot. Satu dekade kemudian Catharina de Medici menambahkan istana Tuileries di sebelah barat Louvre. Pembangunan Louvre dihentikan beberapa saat ketika raja Louis XIV memutuskan untuk pindah ke Istana Versailles. Pada abad ke-19, selama Kekaisaran Kedua, Louvre diperluas lagi dengan penambahan sayap Richelieu.
Museum Louvre sekarang memiliki empat sayap simetris yang mengelilingi sebuah halaman yang luas. Pengumpulan Museum Louvre pertama kali didirikan pada abad 16 oleh Raja Francis I. Salah satu karya seni yang dibeli adalah lukisan Mona Lisa yang terkenal. Koleksi ini terus tumbuh berkat sumbangan dan pembelian oleh raja-raja. Pada 1793, selama Revolusi Perancis, koleksi kerajaan dibuka untuk umum.
Penambahan terbaru di Louvre adalah Louvre Pyramid. Pembangunan piramida kaca, yang berfungsi sebagai pintu masuk utama museum. Piramida ini dibangun pada 1989 oleh arsitek Amerika terkenal IM Pei. Piramida kaca memungkinkan cahaya matahari masuk di lantai bawah tanah.
Untuk menikmati museum, Anda harus datang pagi-pagi sekitar jam 09.00 pagi, karena antrian panjang. Mengunjungi salah satu museum terbesar di dunia seperti Louvre adalah menjadi kewajiban bagi orang-orang yang mencintai seni.
Sebuah karya seni yang memang sangat mengagumkan ….

sumber : http://duniaperpustakaan.com/menengok-kemegahan-museum-louvre-di-paris/#

No comments:

Post a Comment

 

Sonya's Blog ♔ Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review